Jasa Pendaftaran LPSE Online dan Ecatalog Secara Praktis

Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog

Sistem pemerintahan yang semakin disederhanakan memang pada akhirnya memberikan banyak kemudahan untuk para pengguna serta pegawai pemerintahan sendiri. Tak itu saja, sistem dari LPSE ini pun pada akhirnya memberikan peluang besar untuk badan usaha kecil hingga menengah memasukan barang-barang yang mereka tawarkan ke sistem E Catalog. Cara pendaftaran LPSE yang sulit menjadikan banyaknya yang memilih menggunakan Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog. Adanya Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog ini tentunya membantu para pengusaha dan pemilik usaha untuk memasukan barang dagangannya pada sistem e catalog di LPSE.

Sebelum lebih jauh mengenali menegnai Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog, marik melihat lebih dulu pengertian dan dasar hukum dari LPSE ini sendiri. LPSE adalah unit kerja yang dibentuk di seluruh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/lnstitusi Lainnya (K/L/D/I) untuk menyelenggarakan sistem pelayanan pengadaan barang/jasa secara elektronik serta memfasilitasi ULP/Pejabat Pengadaan dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik. ULP/Pejabat Pengadaan pada Kementerian/Lembaga/Perguruan Tinggi/BUMN yang tidak membentuk LPSE dapat menggunakan fasilitas LPSE yang terdekat dengan tempat kedudukannya untuk melaksanakan pengadaan secara elektronik.

Dasar hukum pembentukan LPSE adalah Pasal 111 Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah yang ketentuan teknis operasionalnya diatur oleh Peraturan Kepala LKPP Nomor 2 Tahun 2010 tentang Layanan pengadaan Secara Elektronik. LPSE dalam menyelenggarakan sistem pelayanan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik juga wajib memenuhi persyaratan sebagaimana yang ditentukan dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Mengapa Perlu Jasa Pendaftaran LPSE Online dan eCatalog?

Untuk Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog ini memang lebih banyak dipilih ketimbang melakukan pendaftaran secara langsung. Alasannya, tentu karena cara pendaftaran LPSE Online serta eCatalog yang sebenarnya begitu rumit. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk eCatalog ini sendiri yakni mengenai demand driven dan supply driven. Dan untuk Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog harus benar-benar memahami dan mengerti mengenai kedua hal ini.

Beberapa hal yang perlu diingat mengenai demand driver serta supply driven ini adalah saat ini, kebanyakan lembaga LPSE saat ini lebih menggunakan sistem supply driven dimana badan usaha atau perusahaan memasukan barang dagangan mereka ke sistem eCatalog yang nantinya akan dipilih mana yang dibutuhkan. Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog memiliki tugas untuk memasukan barang-barang tersebut ke dalam eCatalog sebelum akhirnya nantinya dipilih oleh lembaga K/L/D/I. Untuk cara memilih barangnya pun dinamakan sebagai e-Purchase yang nantinya bisa menjadi pembelian langsung, dengan cara tender atau dengan cara metode pelelangan.

Yang Perlu Disiapkan untuk Jasa Pendaftaran LPSE Online dan eCatalog

Ketika pendaftaran online ini ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika menggunakan Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog. Berkas-berkas ini penting dibawa ketika harus melakukan konfirmasi setelah pendaftaran online LPSE untuk kedua kali. Beberapa berkasnya adalah :

  • KTP direksi/pemilik perusahaan/pejabat yang berwenang di perusahaan (fotokopi);
  • NPWP (fotokopi);
  • Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP)/Surat Ijin Jasa Konstruksi (SIUJK)/ijin usaha sesuai bidang masing-masing (fotokopi);
  • Tanda Daftar Perusahaan (fotokopi);
  • Formulir Pendaftaran (Form_Penyedia.xls) dan Formulir Keikutsertaan (Formulir_Keikutsertaan.doc) yang telah diunduh, di-print dan diisi lengkap.

Setelah semua hal diatas lengkap dan pendaftaran sudah mendapatkan email konfirmasi, selanjutnya hanay perlu untuk Jasa pendaftaran LPSE online dan eCatalog mengonfirmasi dengan datang secara langsung ke kantor LPSE dengan membawa semua berkas yang diperlukan. Nanti setelah itu, baru akan ada langkah selanjutnya yakni proses memasukan barang-barang ke dalam sistem eCatalog.